Tingkat Kesopanan

Bahasa Korea mempunyai bentuk kesopanan yang berbeda-beda.

1. Bentuk Informal dipakai dalam kehidupan sehari-hari dalam situasi informal. 

    Contoh:   
  • 음악을 좋아
  • Eum-ag-eul co-a  
  • Aku suka musik. 
  • 날씨가 편안해
  • Nal-ssi-ga phyeon-an-hae
  • Nyamannya cuaca (hari ini)!
  • 주말에 버스로 반둥으로 갈게
  • Ju-mar-e beo-seu-ro ban-dung-eu-ro kal-ke
  • Pekan ini aku mau ke Bandung pake` bis.


2. Bentuk Informal Hormat dipakai untuk berbicara kepada orang tua/dituakan, dihormati, kelas yang lebih tinggi daripada pembicara dalam situasi informal.

    Contoh :
  • 음악을 좋아해
  • Eum-ag-eul co-a-hae
  • Aku suka musik.

  • 날씨가 편안해
  • Nal-ssi-ga phyeon-an-hae
  • Cuaca (hari ini) nyaman.

  • 주말에 버스로 반둥으로 갈거야
  • Ju-mar-e beo-seu-ro ban-dung-eu-ro kal-keo-ya
  • Akhir pekan ini aku akan pergi ke Bandung pakai bis.

3. Bentuk Formal dipakai dalam situasi formal. 

    Contoh :
  • 음악을 좋아해요
  • Eum-ag-eul co-a-hae-yo
  • Saya suka musik.

  • 날씨가 편안해요
  • Nal-ssi-ga phyeon-an-hae-yo
  • Cuaca (hari ini terasa) nyaman.

  • 주말에 버스로 반둥으로 갈거예요
  • Ju-mar-e beo-seu-ro ban-dung-eu-ro kal-keo-ye-yo
  • Akhir pekan ini saya akan pergi ke Bandung dengan bis.

4. Bentuk Formal Hormat dipakai untuk berbicara kepada orang tua/dituakan, dihormati, kelas yang lebih tinggi daripada pembicara dalam situasai formal.

    Contoh :
  • 음악을 좋아합니다
  • Eum-ag-eul co-a-ham-ni-da
  • Saya menyukai musik.

  • 날씨가 편안합니다
  • Nal-ssi-ga phyeon-an-ham-ni-da
  • Cuaca (hari ini terasa) nyaman.

  • 주말에 버스로 반둥으로 갈겁니다
  • Ju-mar-e beo-seu-ro ban-dung-eu-ro kal-keom-ni-da
  • Akhir pekan ini saya akan pergi  ke Bandung dengan menggunakan bis. 

No comments:

Post a Comment